Monday, January 5, 2015

Dari Tulisan, Buru Penghargaan Demi Sesuap Jajan #1Day1Dream

Menjadi seorang blogger pastinya akan ada suatu masa mendapat bisikan kenapa cerita-cerita yang diceritain ke blog gak diubah menjadi cerpen, trus dipoles dikit, lalu diikutsertakan lomba. Yakan? Yakan? Gua baru saja mendapatkan bisikan itu ketika pertengah semester menganggur kemarin. Gua kemudian mencari website yang berisi kumpulan cerpen dan ketemulah cerpenmu.com. Gua bermaksud untuk mengamati bagaimana membuat cerpen yang menarik. Dimulai dari judul sampai gaya bahasa sendiri, terkadang gua juga melihat umur cerpenis tersebut untuk menilai bagus atau tidaknya cerpen yang dia buat sesuai keadaan umurnya. Karena umur juga memengaruhi sebagus apa kosakata yang ia pilih dengar umur yang dipunya.


Di website cerpenmu ternyata baru aja memulai memberi penghargaan bagi para cerpenis yang memiliki cerita menarik setiap bulan dan diberikan hadiah. Iya gua ngiler sama hadiahnya yang berupa uang, meskipun gak terlalu besar tapi tetep aja yang namanya mendapatkan duit hasil kerja sendiri itu menyenangkan dan membanggakan. Gua gak tau sampai kapan website cerpenmu akan memberikan penghargaan. Yang pasti gua menargetkan dalam jangka waktu 4 tahun gua harus bisa mendapatkan penghargaan agar mendapat uang tambahan demi sesuap jajan. Semoga saja websitenya akan selalu bertahan, kalopun gak ada gua akan mencoba mengikuti lomba-lomba cerpen lain yang tentunya belum gua kulik dunia pencerpenan. 


Sebenarnya di blog ini gua juga sudah pernah menulis cerpen, tapi tak terlalu menarik, gak usah diulik, hiks. Gua juga pernah mendapatkan tugas untuk membuat cerpen tapi bisa dibilang gagal karena seisi kelas tak mengerti atau karena pembawaan gua yang gugup. Gua berpikir memang cerpen gua kurang diterima warga kelas karena cerpen gua bertema sains fiksi sementara yang lain bertema romansa, keluarga, teman dan teman kebanyakan lainnya. 

Gua juga berniat saat berlatih membuat cerpen akan berlatih membuat ilustrasinya agar lebih menarik, karena gua sudah bilang kalau akan beranjak dari level amatir. Ah, sudah banyak ide cerita yang tertuang di buku catatan, ini harus segera direalisasikan!

nyari inspirasi buat besok ah...


2 comments:

  1. Wah keren, totalitas dalam belajar. Cobain kirim cerpen ke media cetak juga, bro. Lumayan lah kalo dimuat, bisa dapet uang buat jajanin tetangga sekampung. :D

    Salam hangat,
    Sandra Dewa http://sandradewa.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. jajanin anak tetangga aja dulu, siapa tau kakaknya bisa......*keyboard rusak*

      Delete

Ini ceritaku apa komentarmu?

Ikut-ikut


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2021. Powered by Blogger.