Minggu, 04 Januari 2015

Beranjak Dari Amatir #1Day1Dream

Selama ini gua masih di level amatir dalam hal menggambar. Terutama menggambar dengan gaya khas Negeri Jepang yang gua sukai. Awalnya dari main gambaran saat SD, taukan? kalian biasanya main apa? gue sih main tepokkan aja. Jangan salah, main tepokkan bukan asal keberuntungan. Tapi teknik tangan kita dimulai dari arahannya, kecepatan dan tekanan saat menepok. Gua emang bandar gambaran dulu, bisnis kecil-kecilan saat kecil jualin gambaran demi sesuap jajanan amang-amang.

(jangan) abaikan gundam dan sobekan kertas itu
Gambaran yang gua punya kebanyakan bergambar anime, terutama Naruto, yang saat itu adalah tontonan wajib anak cowok (dan sebagian kecil cewek). Dulu kalo gak nonton Naruto lu gak bisa begaya-begayaan ngeluarin jurus pas maen berantem-beranteman, men. Nah, dari gambaran yang gua punya itu gua nyoba jiplak dan niru-niru meskipun perbedaannya sangat jauh dengar gambar yang ada di gambaran. Dan pas itu kakak kedua gua nyoba ikutan gambar dan hasilnya lebih bagus dari yang gua. Dasar anak cowok gak mau ngalah akhirnya gua nyoba terus gambar. Dan keterusan sampe sekarang.
sebuah kuot legenda di buku tulis yang dari zaman SD selalu mengingatkan kita
Tapi zaman sekarang udah mulai enak karena ada internet. Bisa nyari tutorial yang mudah, gak asal niru-niru dan jiplak-jiplak. Bisa nyari juga contoh gambar yang mudah ditiru. Apalagi kalau aktif di social media, kan jadi bisa ngikutin gambar orang yang gak kita kenal lalu save dan latihan gambar lagi. Gua juga sudah mulai merasa kalo hasil gambar sudah mulai hampir lumayan (menurut diri sendiri), karena gua masih nyimpen gambar dari kelas 1 SMA dan nyoba ngebandingin ternyata lumayan terlihat lah perbandingannya. 
amatir /ama·tir/ n kegiatan yg dilakukan atas dasar kesenangan dan bukan untuk memperoleh nafkah, msl orang yg bermain musik, melukis, menari, bermain tinju, sepak bola sbg kesenangan; - sumber: KBBI daring (dalam jaringan)
kiri (2015, baru diedit sebelum blogpost ini dibuat, cuman ngubah warna baju dan kulit aja), kanan (2012)
perbedaannya adalah gua udah mulai berani shading dan bisa gambar dada, heheu.
pasti nanti ada yang komentar, "3 tahun latihan gambar cuman buat bikin dada?!"
header versi ramadhan, gambar tahun 2012-08-15, shading dan lineart masih jauh dari harapan. T^T
kiri gambar karya kr0npr1nz, kanan gambar tiruan dengan tambahan baju.
nyobain bikin artwork Ridwan Kamil sebagai hadiah kelahirannya yang ke 43
Tapi yang sekarang masih belum terlalu bisa adalah menuangkan imajinasi ke gambar atau menggambar gaya bebas, gua masih suka meniru-niru gambar orang. Gua mau beranjak dari level amatir dalam hal menggambar. Kalo udah lumayan bagus kan nanti gambar makhluk dunia dinding jadi gak jelek-jelek amat. Sampai wisuda kuliah nanti, 4 tahun, gua akan terus mengasah kemampuan gambar. Karena gua amati curhatan para mahasiswa/i kuliah itu banyak waktu luang, jadi kalo emang tugas udah selesai ya gua pakai latihan gambar. Latihan gambar gadis kece yang ada di kampus dan bisa juga ngasih hadiah gambar ke doi #halah. Kalo memang sebelum wisuda hasil gambar sudah terasa bagus ya gua jadikan kerja sampingan. 
Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. - Ridwan Kamil

nyari inspirasi buat besok lagi ah...
sumber gambar:
http://blog.bisamagic.com/perfect-practise-makes-perfect/

6 komentar:

  1. Wah rasanya juga pengen bisa gambar. Sayang gapunya bakat hehe req gambar Miiko pakai hijab, kak sahil! ^^ wgwgw kalau bisa. Yang Ridwan Kamil bagus itu btw. Semoga konsisten terus ngegambarnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingat sebuah kutipan legenda "practice makes perfect", ingat nak!
      Jangan paksa Miiko untuk berhijab, mari doakan saja agar cepat menemukan hidayah.

      Hapus
  2. Dirimu nyari inspirasi sembari jongkok di WC tanpa ada niatan boker Hil? Sasuga sekali #TeamSalahFokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu lagi boker cuman disensor dengan gambar celana agar tak terlihat penyensorannya.

      Hapus
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    Visit me back :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung engga langsung suka sama penulisnya #halah

      Hapus

Itu ceritaku apa komentarmu ? Berbagilah komentar jangan sungkan.

Menerima kritik dan saran yang bersifat membangun (bukan membangunkan emosi negatif).

Pasukan


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2018. Diberdayakan oleh Blogger.