Minggu, 25 Januari 2015

Tester Game, Jangan Lupa Kasih Makan [balasan] #1Day1Dream

Semua anak laki-laki pasti pernah keranjingan bermain game, tapi gak semuanya yang punya mimpi ngebuat game sendiri. Salah satu bocah yang keranjingan bermain game dan sekarang bukan bocah lagi itu adalah Ramy dan dia ingin membuat game sendiri. Dia bilang membuat game sendiri adalah semua impian anak laki-laki. Karena rasanya membuat sesuatu sendiri itu menyenangkan apalagi yang kita buat itu adalah alat penghasil kesenangan. Tambah senang jadinya.




Kenal video game sejak kecil, gue terbiasa bermain game dengan adek dan sepupu-sepupu gue, sampai gue punya impian waktu kecil, suatu hari gue akan membuat game gue sendiri. Sampe-sampe dulu waktu gue kecil, gue pernah sok-sokan bikin game sendiri, tapi karena aplikasi komputer yang gue tau waktu itu cuma Ms.Paint, jadi gue bikin game pake Ms.Paint. Lah emang bisa bikin game dari Ms.Paint? Bisa dong, gue kan jenius (pas kecil haha). Jadi caranya gue bikin warna background, dan di antaranya gue bikin semacam jalan tikus, ada start dan garis finishnya. Misalnya, backgroundnya biru, dan jalan tikusnya putih (karna bikinnya pake penghapus), lalu kita pick brush dengan ukuran menyesuaikan, warna apa aja, misalnya warna merah. Lalu kita goreskan brush kita dari garis start sampai garis finish tanpa boleh terputus. Kalo putus, berarti mati, harus Ctrl + Z dan ulang lagi. Kalo warnanya keluar dari jalur, berarti mati, harus Ctrl + Z dan ulang lagi.
game bikinan Ramy
Gua dulu make Ms.Paint buat gambar-gambar aja dan game yang paling sering dimainin cuman Air Strike. Gua bisanya bikin game tradisional aja, buat dari kertas yang dibolong-bolongi banyak dengan pensil/pulpen/ alat sejenisnya yang bisa membuat lobang sama, kemudian kertas itu dipegang 2 orang, penantang dan pemain. Si pemain harus narik garis dari ujung kertas ke ujung lainnya. Garisnya gak boleh putus dan gak boleh ngejebros (masuk) ke lubang yang udah dibuat tadi. Masa kecil anda bahagia kalo bikin mainin gini juga.

Untuk membuat game yang bagus, gak melulu harus ngerti pemograman, mekanis, atau desain. Karena game yang bagus berawal dari ide yang bagus. Ide itulah yang sangat penting dari sebuah game. Kalau idenya bagus, grafiknya sederhana pun bakalan tetep seru dan adiktif, tapi kalau idenya jelek, mau grafiknya sebagus apapun pasti gak akan bisa enjoyable. Banyak contoh game-game sederhana yang sukses berat karena idenya, kayak game android Don't Tap The White Tile, Angry Bird, 2064, Flappy Bird, dan lain sebagainya.

Setuju, ide yang bagus adalah sumber dari segala game yang bikin candu. Kalo punya cita-cita bikin game tapi gak ada niatan buat jadiin dunia game sebagai job tetap, game sederhanalah yang jadi tujuannya. Gak usah muluk-muluk bikin game yang punya story klimaks banget, cukup bikin game endless yang kadang ngeselin dan mau dicoba-lagi-dicoba-lagi-karena-penasaran-padahal-keliatannya-gampang.  Atau bisa juga bikin proyek bareng temen biar bisa saling tuker ide. Tapi kalo nyari temen harus yang klop banget sih biar bisa tau pemikiran masing-masing ga perlu dipendem-pendem.
Apapun game yang dibuat sama Ramy, gua siap dipanggil jadi tester asal jangan lupa kasih makan aja. Teteup. Kalo baik mah dikasih ongkos dan duit jajan juga. Teteup lagi. Ini blogpost sebenernya malah kayak ngelamar bukannya masukan.

nyari inspirasi buat besok lagi ah...

sumber gambar:
www.sayabukanalien.com/2015/01/membuat-game-sendiri-impian-semua-anak-laki-laki-1day1dream.html

5 komentar:

  1. Bener banget, game nggak melulu harus memiliki bahasa pemograman yang rumit bahkan grafik yang bagus. Yang penting ide cerita dari game. Istilahnya user experience lah.

    Kalo gue punya game bareng temen-temen pas makan bro. Biar kita nggak anti-sosial dan ngurusin gadget masing-masing maka seluruh hape/tablet kalo makan bareng ditaroh ditengah. Terus peraturannya ga boleh ada yg megang sampe pulang walopun geter" hha. Mampus lah yang dihubungi pacar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah? X)))
      Bisa banget tuh gamenya, kasian temen gue ntar, gak ngabarin nanti pacarnya ngambek ala mbak2 iklan traveloka.

      Hapus
  2. Tapi kalau ngeliat kakak kakak saya nih yang jurusan teknik informatika, sistem informasi dan dkv sih ya, ide bagus itu memang gampang diciptakan. Kalau sudah ditulis itu agak rumit. Kalau mau mewujudkannya, butuh lebih banyak niat lagi, ya salah satunya grafik dan bahasa pemrograman gitu. Ini kakak saya aja yang jurusan TI kalau ada tugas bikin program, minta bantuan ke yang DKV kok, biar hasilnya lebih maksimal.

    Kalau idenya memang bagus, terwujudkannya harus lebih bagus lagi, ya kak! ^^

    Btw kak Sahil, aku kasih award buat kakak nih, semoga berkenan, ya! :) http://shaacchan.blogspot.com/2015/01/2nd-liebster-award.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. *terus keinget flappy bird yang sempet ngehits.*
      *tapi kan nggak longlast tuh ngehitsnya, hahahaha*

      Hapus
    2. bisa menjadi 'ngehits' meskipun gak longlast juga sudah prestasyen.

      Hapus

Itu ceritaku apa komentarmu ? Berbagilah komentar jangan sungkan.

Menerima kritik dan saran yang bersifat membangun (bukan membangunkan emosi negatif).

Pasukan


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2018. Diberdayakan oleh Blogger.