Wednesday, January 14, 2015

Arsitek yang Menguasai Kota #1Day1Dream

Arsitek tidak diragukan lagi pasti memiliki ide kreatif dan di luar kotak untuk merancang bangunan, sudah pasti harus kokoh tapi keunikan bangunan itu sendiri yang menjadi pembeda antar lainnya. 


Menguasai sesuatu memang menyenangkan, bisa melakukan sesuatu seenaknya terhadap apa yang dikuasai. Tapi menguasai yang gua maksud di sini bukan seperti tirani yang seenaknya, bisa disembah. Memang, ada rasa senang juga kalo kita menjadi penguasa tirani. Tapi orang baik gak akan tergoda dengan kekuasan, justru dengan  kekuasan dia akan membuat sesuatu yang baik dan mungkin juga terobosan.

Begini korelasi yang gua maksud antara arsitek dan kekuasaan. Gua akan membahas seorang arsitek yang sudah menguasai kota kelahirannya sendiri. Udah itu aja korelasinya. Ridwan kamil, seorang arsitek yang berhasil menguasai kota kelahirannya.
Sebenernya juga udah banyak arsitek yang menguasai kota, contoh lainnya adalah bu Tri Rismaharini. Tapi gak gua bahas meskipun beliau juga menginspirasi tapi sungguh menginspirasi lagi kang Emil --agar lebih akrab, kenal aja kagak-- ini.


Gua tersadar sebelum beliau jadi walikota ternyata dia sudah terjun duluan menjadi aktivis sosial. Dan itu yang ngebuat gua makin terinspirasi untuk menguasai kampung. Dia membuat komunitas Indonesia Berkebun, mewarnai Blok Tempe yang akhirnya membuat dia mendapat pernghargaan Urban Leadership Award, museum Tsunami Aceh yang dibangunnya dan gedung-gedung lainnya entah yang berada di luar atau dalam negeri.

museum tsunami Aceh

Indonesia Berkebun
Yang buat kagum ternyata dia udah membuat bukti dahulu sebelum membagikan janji di panggung pemilihan pemimpin Bandung. Ini ibarat lu mau ngelamar doi, yang elu lebih deketin itu anggota keluarganya, keluarganya udah suka eh akhirnya makin deketin si doi trus ngelamar deh. Jadi, dia sebelum terpikiran buat mencalonkan jadi walikota dia sudah suka main sama warga. Sudah terkenal lebih dahulu, sudah merakyat lebih dahulu, sudah berkontribusi untuk Bandung terlebih dahulu. 

Gaul. Ini juga yang ngebuat dia disukai warganya, terutama kalangan anak muda. Karena yang muda yang berkarya. Dia aktif di jejaring sosial twitter, instagram, ask.fm dan facebook yang semakin memudahkan warga untuk berinteraksi dengannya terutama (lagi) anak mudanya. Anak muda yang mau nyumbangin karya jadi lebih mudah untuk menghubungi walikotanya.

Setelah menjadi walikota justru makin banyak hasil kerja yang bisa dinikmati warganya. Taman. Sudah banyak taman yang dibangun seperti Taman Pasupati, Taman Skateboard, Taman Film dan juga yang baru diresmikan yaitu Alun-Alun Bandung. Semua hasil dia dan pemerintah kota Bandung kerjakan membuat warga luar Bandung ingin mendatanginya.


nyari inspirasi buat besok lagi ah..
sumber gambar:
https://www.pixoto.com/images-photography/animals/insects-and-spiders/senyuman-belalang-sembah-86939890
http://kasfo.blogspot.com/2011/12/5-bangunan-termegah-dan-terbesar-di.html
http://www.informall.co.id/instansi-210-indonesia-berkebun.html


No comments:

Post a Comment

Ini ceritaku apa komentarmu?

Ikut-ikut


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2021. Powered by Blogger.