Selasa, 28 Februari 2012

Cara Ngeblog (Seminar Blog)

OK , kali ini gua bakal ngetik tentang catatan yang gua tulis pas seminar KBBC (KOMUNITAS BLOGER BENTENG CISADANE) . Pertama kali KBBC dibuat itu pada tahun 2008 dan diketuai oleh Paijo (sebutan , mungkin) *kalo gak salah .

sebelum ngetik tentang catatan gua, disini gua akan cerita betapa sedihnya Ramy , dia bolak-balik kesana-kemari sebelum persiapan seminar. Entah dia terpaksa atau semangat , gua liat dia kecapean . Sampe temen gua ngeliat + ngitungin dia bolak-balik di depan masjid , katanya sih 10 kali . Selesai~

Ada yang tau artinya blog ? Dalam seminar , blog berarti "kumpulan jurnal online yang tersebar di internet" .
Jurnal itu gak akan bisa terhapus kecuali pindah ke tangan orang lain atau di ambil sama hacker . Jadi, kita gak boleh dan jangan pernah menyebarkan hal-hal negatif .





"Blog Itu Unik" , gua gatau kenapa unik , lupa coy .

Taukah anda bahwa blog adalah yang paling pertama dicari oleh mesin pencari ? Dan blog engine yang paling dicari adalah wordpress . Tapi , wordpress itu gampang untuk di hack , jadi lebih baik memakai blogspot *kaya gue* . Wah kalo ada pemakai WP yang baca ini bisa-bisa gua dikomentar *ampun ya, gua tau dari seminar* . Kayanya pada ribut nih pengguna blogspot dan WordPress , kalo disuruh milih . Jelas milih blogspot kan gua pemakai juga


Cara Blogging
  • Tanpa disadari ternyata proses ngeblog dapat pake cara MIND MAPPING yaitu memetakan atau menyusun alam bawah sadar kita . Dengan mind mapping pikiran kita jadi teratur , seperti ingin membuat postingan apa , itu sudah di rencanakan oleh pikiran kita .
  • Motivasi + Tujuan , dapat diartikan kalian ngeblog itu buat apa . Kalian bikin blog jangan mengikuti perkembangan zaman doang . Dana tujuan ngeblog itupun harus ke arah yang positif .
  • Focus berarti kalian ngeblog jangan setengah-setengah , kalau gitu hasil blog gak akan pernah jadi dan diterbitin . Dan saat blogging juga jangan sambil buka jendela lain , misal facebook atau twitter . Alhasil , kita akan keasikan dengan jejaring sosial tersebut dan gak akan pernah selesai bikin postingan .
"Don't Think But Do It" Satu kalimat lagi yang gua catet saat seminar , pasti kalian bisa mengertilah maksudnya apa .

Tahapan Rencana Dalam Ngeblog
  • Kemauan , dalam arti bukan mau-mau aja disuruh tapi dari diri kalian sendiri berniat untuk ngetik trus di post . Kalau kalian bosen mengetik istirahat dulu sekalian nyari ide . Jangan maksain kalau lagi males ngeblog, nantinya percuma aja . Kalian ngeblog atas kemauan kalian sendiri jangan karena disuruh, itu gak bikin semangat buat ngeblog ke depannya .
  • Ide, nah ini yang biasanya susah dicari dan akhirnya bikin kita males ngeblog . Padahal ide bisa dapet dimana-mana asala kalian kreatif aja cari ide yang bagus. Ide bisa di dapat dari ngobrol , perjalanan, petualangan, atau pengalaman virtual (mimpi atau berkhayal) .
  • Tentukan awal angle (sudut pandang) . Bisa dengan cara kalimat induktif atau deduktif . Kalau gak ngerti deduktif atau induktif bisa tanya ke guru kalian sendiri atau mbah Google .
Memulai Menulis (Mengetik)

  • Saat menulis (mengetik) kita harus memasukkan keterangan waktu , tempat, pertanyaan, opini, puisi, kutipan, gambar dll agar lebih menarik.
  • Cara penulisannya bebas, sesuai yang kalian pikirkan dan jangan terlalu keluar dari tema <<nyindir gua tuh kayaknya .
  • "Menulislah karena untuk dibaca" berarti engga 4l4y kan menulis untuk dibaca bukan untuk diledek . Klau tulisannya alay kan pembaca jadi susah dan langsung kabur dari blog elu .
  • Jangan menulis banyak-banyak dalam 1 paragraf agar pembaca nyaman seperti nonton Spongebob dan juga masukkan gambar agar lebih menarik .
  • Perhatikan ejaan, salah ketik atau salah bahasa jadikan kalau ada yang salah ketik jadi gak enak ngabacanya .
  • Jangan pakai bahasa yang susah dicerna . Jangan kasih pembaca batu kan keras tuh jadi susah dicerna . Maksudnya jangan pake bahasa yang terlalu baku dan terlalu gaul . Nantikan si pembaca jadi bingung . Tapi gua pernah denger juga "bacaan yang baik adalah bacaan yang membuat pembacanya berpikir" , nah bingung kan gua.
Setelah Menulis (Mengetik)

  • Periksa kembali ejaan , menyortir .   Nah kalau kalian lagi gak ada ide mendingan ngecekin postingan , takut ada yang salah ketik . Jadi, waktu kalian gak terbuang juga buat nyari ide.
Oke sampe sini catatan gua, yang ngebahas tentang internet security gak gua masukkin karena gua bingung mau nulis apa . Kebanyakan, maaf ya .

                                                   GO BLOG !! (BUKAN MAKI-MAKI LOH)

Semoga bermanfaat !

sumber gambar :
http://rangeradith.blogdetik.com/membuat-blog-yang-unik/
http://www.hilman.web.id/posting/blog/153/blogspot-blogger-vs-wordpress-kelebihan-dan-kekurangannya.html?idv=199
http://www.awanukaya.com/2011/12/cara-mahir-mengetik-10-jari.html
http://www.yasour.info/?calbums=49

1 komentar:

Itu ceritaku apa komentarmu ? Berbagilah komentar jangan sungkan.

Menerima kritik dan saran yang bersifat membangun (bukan membangunkan emosi negatif).

Pasukan


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2018. Diberdayakan oleh Blogger.