Saturday, November 2, 2019

Membuat Star Map


Bagaimana cara membuat star map?

Begitu kata orang-orang yang tertarik membuat starmap.
Definisi star map sendiri adalah peta bintang atau peta langit malam yang biasanya disimpan dan/atau dijadikan sebuah tanda pengingat pada hari (malam) itu. Penyimpanan peta bintang langit bertujuan untuk mengenang momen tak biasa yang terjadi pada hari itu. Begitu lah definisi starmap untuk dijadikan sebagai sebuah medium hadiah. Biasanya digunakan untuk hadiah ulang tahun, hadiah anniversary, hadiah wisuda atau hadiah untuk mengenang hari-hari bersejarah/ penting bagi orang yang mau diberikan hadiah.

Contoh Starmap
Saya memiliki niat untuk membagikan cara membuat star map. Tapi sayangnya ini merupakan suatu rahasia bagi saya, karena jika saya memberikan cara-caranya starmap tidak lagi menjadi spesial. Semua orang bisa membuat. hehehe

If you are good at something, never do it for free. -Joker, The Dark Knight

Kalau kamu bersungguh-sungguh ingin membuat star map, banyak website yang menyediakan layanan membuatnya. Tapi, berbayar. Seperti ini contoh-contohnya.



Saya di sini sekedar ingin memberikan kasaran membuat star map. Tutorial membuat starmap versi saya.

Pertama ialah mencari peta bintang yang dimau. Ini merupakan material utama yang digunakan untuk membuat star map. Sumber peta bintang berbeda-beda tergantung kamu memakai sumber yang mana.

contoh starmap yang saya ambil dari sumber

Kedua membuka photoshop dan membuat kertas a4. Kertas a4 tersebut diberi warna gelap.
Memasukkan starmap yang masih mentah untuk diedit.
Kemudian star map mentah tersebut di-invert agar menjadi putih, kontras dengan background yang dibuat.

starmap final tapi kurang tulisan

Ketiga adalah memasukkan kata-kata. Untuk bagian atas ialah kalimat ucapan atau kalimat pernyataan. Yang saya gunakan ialah "THE NIGHT HELLODITA SAID HELLO TO THE WORLD" yang berarti malam ketika Ditta pertama kali dilahirkan. Star map ini dimaksudkan untuk hadiah ulang tahun (hadiah kelahiran). Pembuatan kalimat ini lumayan rumit karena bingung memilih kalimat yang bagus untuk dituliskan dan berkesan.


Kalimat berikutnya berisi nama, tanggal dan lokasi tempat kelahiran orang yang mau diberikan hadiah. Juga diisi dengan angka latitude dan longitude agar terkesan menarik.

Begitulah proses saya cara membuat star map.
Saya juga menerima jasa pembuatan star map, bagi yang ingin bisa hubungi saya melalui twitter, email (bahrumsyah10@gmail.com) atau instagram.


No comments:

Post a Comment

Ini ceritaku apa komentarmu?

Ikut-ikut


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2021. Powered by Blogger.