Saturday, October 12, 2019

Gereja Unik, Gereja Pohsarang Kediri

Gereja Pohsarang merupakan salah satu gereja unik Indonesia. Gereja ini berada di Kediri. Gereja ini dibangun oleh arsitek Henri MacLaine Pont, arsitek yang juga mendesain Gedung Aula Timur ITB.
Kenapa gereja ini unik? Karena sedari awal kita melihatnya, pasti kita langsung mencapnya unik. Coba lihat saja foto-foto yang saya ambil ini.





Dan tahu kah bagian atap atau mahkota bangunan itu terlihat mirip sesuatu? Ya. Atap tersebut mirip dengan atap rumah tradisional Batak, Rumah Adat Karo[1]. Coba bandingkan.
Bagian atap genteng yang biasanya ditopang dengan gording, reng dan kayu, di Gereja Pohsarang ini ditopang dengan kawat, atau bisa disebut dirajut dengan kawat. Genteng-genteng tanah liat tersebut dirajut dengan kawat, suatu metode yang unik untuk pemasangan genteng. Karena metode tersebut pula yang membuat atap ini melengkung ke dalam atau cekung.


Dan uniknya lagi dari gereja ini ialah bukan sekedar bangunan gereja saja. Bangunan ini memiliki komplek, terdapat Gua Maria Pohsarang dan elemen lansekap yang berisikan cerita yesus ketika disalib.

No comments:

Post a Comment

Ini ceritaku apa komentarmu?

Ikut-ikut


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2021. Powered by Blogger.