Tuesday, May 28, 2013

Ketika Asik Wifian Diajak Ngobrol Orang [Dialog Dengan Orang Baheula]

Rasanya tuh ga enak kalo lagi wifian tiba-tiba ada yang ngajak ngobrol. Mau bilang 'don't disutrb me now!' juga ga enak takutnya dia gak ngerti, ini sama aja kayak lagi nahan kentut di muka para orang-orang (muka umum) mau dikeluarin tapi.....bukan, bukannya malu tapi kasihan sama si korbannya, hal parah yang akan terjadi kalo gua negur orang itu adalah dia bakal nangis lari mewek-mewek jerit sambil bilang gua itu jahat. Ini terjadi pada gua berkali-kali dan tadi juga terjadi lagi.


Sore tadi hari sepulang gua dari kerja kelompok, gua mampir ke hotspot wifi yang biasa yaitu di sekolah. Iya di sekolah, di mana tempat banyak orang-orang yang sirik atau apalah kalo ngeliat orang sedang wifian. Jangan menganggap orang yang sedang wifian itu selalu melakukan hal yang sia-sia. Contoh gua kan masih anak sekolah, bisa aja gua lagi searching tentang pendidikan gitu, nyari informasi tentang universitas yang kelak akan dituju gimanaa ataupun nyari referensi buat tugas sekolah. Ngeliat orang lagi wifian aja udah berpikir negatif gimana kalau udah punya pacar? :P Ah iya disaat gua sedang asik wifian sekitar satu jam tiba-tiba ada orang yang mendekati, orang itu adalah OB sekolah. Karena gak mau terlihat canggung tiba-tiba sang OB mengeluarkan pertanyaan untuk mencairkan suasana.
Awalnya gue takut karena gua saling bertatap-tatap, gua takut muncul gejolak asmara di antara kita berdua. Situasi ini sama kayak lomba panjat pinang 17 Agustus. Di mana 2 pria saling bertatapan dan disaat itu pula jika 1 orang memberikan senyuman, orang di depannya juga akan merespon dengan senyuman dan itu bisa menimbulkan suatu hubungan percintaan. Sekitar satu jam gua membagi waktu wifian dengan mengobrol.

Saat ngobrol pastilah kadang ngerti apa yang diomongin dan kalau gak ngerti ya ngangguk dan nyengir aja, kalau gak tau gimana cara ngangguk belajar dulu sana sama Project Pop, liat Music Video Metal vs Dugem. Disaat gua ngobrol gua juga gak lupa ngabarin twitterland dengan hestek #LiveReportDiajakinNgobrolPasWifian. Tweet yang ada hestek itu berisi percakapan gua dengan si OB dengan kata yang sudah diefisiensikan biar muat kurang dari 140 karakter. Meskipun cuma beberapa yang ditweet padahal aslinya ada banyak dalam percakapan kurang lebih 1 jam itu.

Gue namain percakapan ini PERBANDINGAN DULU DAN SEKARANG. Inti yang gua dapet dari ungkapan-ungkapan pak OB sih dia membandingkan masa kanak-kanaknya dulu dan sekarang. Here we go the conversation, tambahan efek-efek hiperbolis~



  • Pertama-tama beliau memulai dengan menanyakan pekerjaan ayah gua dan blablabla akhirnya beliau menyatakan kalau jadi pengangguran zaman dulu dan sekarang itu rasanya beda, kalau dulu jadi pengangguran masih bisa senang kalau sekarang malah sengsara. Dulu kan kalau jadi pengangguran di desa masih  bisa makan ngambil singkong orang, buah di pohon orang lah kalau sekarang mungkin susah nyari makan. Mau ngambil buah di pohon orang malah halaman rumahnya dipagerin. Sekarang sudah jarang yang nanem pohon di halaman rumah.


Baru beberapa pernyataan yang beliau lontarkan gua udah mulai berkeringat, padahal sebelumnya gua adem ayem kayak bayem dimasukkin kulkas. Gua mau buka jaket nanti dianggap labil, soalnya sebelum berkeringat kan beliau nanya "emang kamu gak kepanasan? sweaternya gak dibuka" gua jawab aja enggak, adem kok.



  • Layangan. Pertama-tama beliau liat sepentil layangan di langit, eh tiba-tiba dia bilang "dulu mah saya ga pernah beli layangan, paling bikin dari daun karet. Gak usah ngeluarin duit kayak anak SD  zaman sekarang". Bener juga sih, gua dulu juga pernah bikin layangan berkali-kali dengan semangat anak kecil yang antusias dan dalam pikirannya "gua mau bikin layangan ah, yang keren dan bikin anak lain iri" tapi itu semua cuma dalam pikiran aja, layangan buatan gua selalu tak menjadi keren, bisa dibilang gagal. Ada yang kayunya ketipisan diserut dan ketebalan karena ga diserut.
  • Kesehatan. Kalau dulu mah makan singkong aja engga pernah kena sakit tapi kalau sekarang jenis makanan udah banyak tapi malah tambah banyak yang sakit.
  • Rambutan. Dulu buah ini gak dijual soalnya tiap rumah pasti nanem pohon rambutan, jadi kalau dulu dijual juga gak bakal laku soalnya punya pohonnya sendiri-sendiri. Ayo galakkan 1 rumah 1 pohon rambutan, selain menutup peluang usaha juga menghinjaukan bumi *loh
  • Roti. Dulu roti katanya gak dijual di desa, orang-orang desa harus pergi ke kota dulu kalau lagi pada ngidam roti.
Sepertinya cuma segitu bahan obrolan yang dibuat, tapi tanpa terasa sudah 1 jam berlalu gua mengobrol dan selama itu pula waktu wifian gua terbuang percuma. Gua gak jadi fokus download lagu-lagu yang dijadiin bahan lomba otoya (tebak lagu Jepang). Dan saat gua pamit pulang beliau pun ikut pulang karena gak ada teman mengobrol lagi, kampret!

Buat para sesepuh yang baca ini atau ada yang pernah mengalami kejadian yang sama atau juga pernah kembali ke masa lampau bisa dishare juga hal-hal perbandingan zaman dulu dan sekarang.


sumber gambar:
http://www.yoshiart.com/gallery/d/7263-2/Fruit+Thief.jpg
http://alaysejati.files.wordpress.com/2010/10/2607main_layangan.jpg

14 comments:

  1. ngobrolnya sampai kemana mana, harusnya siapin catatan tebel biar jadi novel inspiratif "catatan OB kece"

    ReplyDelete
    Replies
    1. OB-nya gak kece-kece amat, bisa dibilang jauh dari kece :v
      udah gua catet di twitter, sampe dibikin hestek #LiveReportDiajakinNgobrolPasWifian

      Delete
  2. Jadi....elu cuma jadi pendengar yang baik gitu Hil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gua cukup jawab dengan senyuman nan rupawan ini

      Delete
  3. Dulu sama sekarang mah emang beda, kak.
    Ngomong-ngomong soal roti. Donat kampung yang dijual gerobakan itu lebih enak dibanding donat jeko. Selain enak, donat kampung juga gak high cholesterol. Sayangnya donat kampung gak punya tempat nongkrong ber-wifi :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya donat kampung minyaknya sering dipake berulang kali ya? biar gak rugi. Oke tak kasih tips, beli donat kampung (bikin sendiri juga bisa)->cari box donat jeko->masukkin donat kampung ke boxnya->pergi ke jeko sambil bawa boxnya->wifian dan sambil makan donat kampung itu deh

      Delete
  4. wahaha iya bener yak, dulu gue semangat sekali bikin layang-layang, apalagi yang ukurannya kecil 20cm xDpernah sukses sekali dan nyangkut dipohon..
    abis itu selebihnya fail :| btw salam kenal bre xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalinya bikin...nyangkut #BadLuckUs

      Delete
  5. perbandingan dulu sama sekarang, kalau dulu tuh aku hobby banget main galah sama anak2 tetangga. anak jaman sekarang mainannya gadget / online -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kayak kamu juga, sekarang sering online

      Delete
  6. beda banget deh sekarang sama dulu waktu gua kecil!
    dulu ngomong kata2 jorok aja di gampar sama emak! tapi sekarang? Miris liatnya =____=

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, tapi tetep gua mah ga pernah digampar karna ngomong jorok, gua kan anak baik dulu :3

      Delete
  7. didepan rumah gue dulu ada pohon manggah, tapi sekarang udah ditebang. sekarang jarang yang punya pohon gede didepan rumah, padahal kan enak buat ngadem hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di depan rumah gua masih ada pohon mangga, lumayanlah adem. Gua sih pengennya 1 rumah 1 pohon biar adem dan tambah sejuk

      Delete

Ini ceritaku apa komentarmu?

Ikut-ikut


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2021. Powered by Blogger.