Jumat, 29 Maret 2013

KancutKeblenger, Komunitas Serba Ada

Hampir mirip seperti singkatan toko, toserba yaitu toko serba ada, jadi kalo komunitas disingkat koserba (komunitas serba ada) . Tadinya sih mau dinamain gitu tapi Kancut Keblenger kan bukan sebuah toko, kalaupun itu toko pasti toko kancut warna warni bukan toko serba ada *plak*. Kali ini gua akan membahas sebuah grup tercinta, grupnya yang dicinta bukan para anggotanya, kalo ketahuan mencintai salah seorang anggota bisa-bisa digosipin, nasib sih itu mah. Kancut Keblenger adalah sebuah komunitas blogger kreatif Indonesia yang dibentuk oleh Irvina Lioni Yuniasari pada tanggal 28 Februari 2011 yang berarti tahun ini sudah berusia 2 tahun. Mari ucapkan selamat, yeeaayyy!!! \(^-^)/


Oiya kenapa disebut komunitas serba ada? Gabung aja dulu dan rasakan sensasi kancutnya, pasti kalian akan merasakan serba adanya di sana. Klik gabung!

Bagi yang udah gabung di grup pasti setuju dengan beberapa poin gua ini, semoga ya, semoga setuju.

1.Rantai Pertemanan
Kenapa dinamain rantai pertemanan? biar beda aja, kalo jembatan/silahturahmi kan udah biasa, lagian juga sekarang udah ada jejaring sosial yang pakai rantai-rantai gitu, lebih tepatnya sih circle (lingkaran) #MalahPromosi . Yang udah sepuh di grup Kancut Keblenger pasti udah punya rantai pertemanan yang panjang, meskipun panjang mereka masih mau berinteraksi sama yang baru kok untung manjangin lagi rantai pertemanannya. Maklum kebanyakan orang kan suka sama yang panjang-panjang.

liat noh rantai pertemanannya.....ga keliatan
Hal ini juga gua rasakan, kalau ga gabung ke grup pasti gua ga bakal punya temen yang berada di luar kota, luar  provinsi, luar pulau dan luar negeri, eh belum belum kalo yang dari luar negeri sih belum ada. Karna gua ini termasuk anak rumahan, teman kecil di sekitar rumah lama-lama mulai menghilang (pindah rumah) dan makin sedikit pula presentase gua buat main di sekitar rumah, sekalipun untuk berinteraksi. Dengan mengikuti sebuah komunitas gua jadi punya teman untuk berinteraksi lagi apalagi ngikut komunitas Kancut Keblenger yang selalu always on *eh. Meskipun berinteraksinya jauh di mata dan jauh di hati ya gapapa, yang penting itu berinteraksi, jarak ga akan mempengaruhi. Jarak hanya akan mempengaruh untuk orang yang pacaran.

Rantai pertemanan yang tadinya terbuat dari karet juga bisa diupgrade jadi besi lho. Gimana caranya? ya kalian harus sering-sering ikut kopdar (kopi darat/ ketemuan) sesuai regional masing-masing. Kawancut yang lain pasti penasaran, kayak apa sih sebenarnya dia? Dari foto sih cakep tapi bisa aja photogenic, di grup sih sering ngobrol tapi bisa aja aslinya pendiam. Nahlo, sifat orang tuh beda-beda dan dengan cara men-judge yang beda-beda pula. Biar kawancut ga saling penasaran makanya sering-sering ikut kopdar deh. Dijamin pasti acara kopdarnya asik dan gokil-gokil.

2.Bermacam Manusia dan Spesies Lainnya
Ini masih nyambung sih dengan poin 1, kalau kamu punya rantai pertemanan pasti rantai pertemanan itu dengan bermacam manusia atau mungkin spesiel lain. Kalo yang sering merhatiin grup pasti tau mana aja yang manusia dan mana aja spesies yang tak diketahui. Iya ada alien di grup Kancut Keblenger, alien ini sukses ga ditangkep sama organisasi Amerika. Alien ini lebih memilih jalur di dunia blogger ketimbang mengrecokkan organisasi-organisasi Amerika. Udah ah bahas aliennya, kalo mau tau join aja ke grup.

di sini ada si alien, frontal, mesum dan macam tipe lainnya
Kali ini bahas yang manusianya aja ya, ada yang tipe frontal abis ada, tipe yang bisa bikin kalian ngejleb dengan kalimatnya dan ngebuat kalian enggan melakukan kesalahan lagi. Dengan memperhatikan setiap kalimat-kalimatnya gua jadi belajar kalo sesuatu jangan dipendam lebih baik dibicarakan langsung. Gua juga menerapkan sifat itu di kelas, tapi malah gua yang ditegur balik saking frontalnya *nasib*.  Ada penyair yang selalu bikin kalimat puitis ada, entah bertema senja atau lainnya, kalau kalian tipe ber-kosakata minimalis dilarang ikutan jadi puitis, nanti malah ga nyambung dan berkesan maksa kalimatnya. Ada yang nyari masalah ada, biasanya yang nyari masalah bakal langsung diserang sama tipe frontal abis, biasanya yang nyari masalah ini adalah orang yang meng-copy-paste artikel kawancut yang dinilai menarik.

Ada tipe yang bijaksana ada, tipe ini biasanya yang biasanya dikagumi para kawancut dengan kalimatnya. Kalau kawancut ga terima dibilang bijaksana mungkin bisa dibilang punya kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kata-kata secara efektif, yang bertipe berkosakata minimalis mungkin harus memperhatikan orang yang mempunyai kecerdasan linguistik, biar bisa level up .

Ada yang mempunyai jiwa seni ada, kalau kalian punya jiwa seni 2 dimensi ataupun suara mungkin bisa bersatu dan menghasilkan karya, lumayan~. Ada yang berjiwa mesum ada, hati-hati sama orang bertipe ini kalian bisa tertular.

Dengan bermacam jenis manusia dan spesies yang sekian banyak, sekarang jumlah anggotanya udah 2000an
memungkinkan kamu-kamu yang jomblo untuk mencari pasangan ataupun selingkuhan. Engga mustahil kok, buktinya sekarang udah banyak yang pacaran..........dan juga udah putus.

Sudah dulu bahas poin-poinnya, mending kalo ngebahas poin kayak gitu dapet poin beneran, poin untuk memenangkan Lomba Blog 2013 dari #HariJadiKancutKeblenger. Selama 2 tahun bisa dibilang kalau komunitas Kancut Keblenger sudah sangat berkembang, dari yang anggotanya bisa dihitung pakai jari sampai bisa dihitung pakai jumlah helai alis sekarang. Dalam 2 tahun pula Kancut Keblenger sudah melayang-layang ke muka orang udara dengan radio online pribadinya yaitu Radio Kancut dan masuk ke majalah ataupun berita. Gimana engga bisa disebut komunitas serba ada? radio aja udah punya.

noh buktinya kalo masuk majalah, sayang di fotonya itu gua belum  termasuk sebagai anggota
Dan sekarang bagian Radio Kancut, radio yang selalu bikin kepincut. Radio yang dibuat oleh om Raymond ini sekitar setahun yang lalu sudah mulai mengudara. Radio online ini juga bisa didengar via smartphone tapi tidak ada fitur chatango-nya. Fitur chatango sendiri hanya bisa dipakai jika kita mendengarkan via web. Fitur chatango pula yang membuat para kawancut makin ngaco dekat, karna fitur chat di grup facebook sekarang sudah tidak bisa dipakai.



Radio Kancut biasa mengudara saat jam 7 malam sekarang, kalau dulu sih ada yang jam 5 sore. Maklum aja yang jadi penyiar pasti punya kegiatan masing-masing dan tidak dibayar dengan uang pula, secara cuma-cuma. Jadi gua sebagai kawancut baik yang engga bisa bayar penyiar dengan uang gua cuma bisa membayar dengan mendengarkannya aja. Semacam menghargai sang penyiar lah, kasihan juga kalau ada yang siaran tapi tak didengar.

Meskipun engga dibayar tapi mereka tetap semangat untuk siaran, kadang ngadain kuis dengan duit sendiri dan kadang pula gua memenangkan kusi tersebut hehehe. Radio Kancut juga selalu menemani malam gua, karena memang gua engga ada kerjaan lain, lumayan nemenin belajar lah. Gua sendiri pernah dengerin dari sore jam 5-an siaran sampai selesai jam 11-an. Pas lagi UTS juga, bukannya belajar gua malah dengerin radio, tapi nilai tetep stabil kok. Radio Kancut membuat pintar hahahaha.

Di chatango sendiri kalian bisa belajar, contoh aja belajar filsafat ataupun dunia lain. Baru-baru ini setiap malam Jumat para kawancut sering bahas filsafat dan konspirasi-konspirasinya yang ngebuat kawancut lain bingung karna tidak mengerti tapi seru juga ngebahas gituan, daripada ngebahas tentang jomblo-jomblo mulu, basi. Sering banget siaran acara #GERIMIS (Geger di Hari Kamis) bikin merinding, merinding-merinding tapi menambah wawasan. Menambah wawasan tentang dunia lain karena penyiarnya sendiri bisa lihat makhluk-makhluk gitu, jadi dia sering cerita tentang pengalamanannya. Masih banyak kok tema siaran lainnya, itu cuma salah satu aja yang gua bahas. Kalo penasaran mampir aja ke Radio Kancut siapa tau bisa ketemu gua terus kenalan, terus pendekatan terus jadi temen deh, jadi temen aja jangan jadi pacar ye.

Segitu aja yang gua bahas atau certiakan tentang komunitas Kancut Keblenger, kalau dipaparin panjang kasian juga yang baca dan mincut yang nilai postingan ini. Soalnya postingan ini diikutsertakan ke Lomba Blog 2013 #HariJadiKancutKeblenger. Engga menang engga apa-apa, yang penting sudah berpartisipasi yang berarti menghargai Komunitas Blogger Kreatif Indonesia ini.

Selamat ulang tahun Kancut Keblenger, semoga kamu semakin terkenal, menghasilkan karya, kompak dan selalu ada sampai tahun-tahun berikutnya. Jangan sampai menghilang komunitas seperti ini, para anggotanya juga jangan sampai lupa akan adanya komunitas ini :) Maaf engga bisa kasih sesuatu yang berharga dan cuma bisa bikin postingan kayak gini.

5 komentar:

  1. jadi tertarik buat gabung..

    tapi bingung juga ya udah rame banget isinya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabung aja, gapapa, makin rame makin banyak rantai pertemanan terjalin :D

      Hapus
  2. pengen gabung tapi malu ^^ aku kan pemalu gitu, suka segan gabung di komutitas yg udah rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa, gabung aja yuk, pada ramah kok. Asal kamu sering berinteraksi (muncul di grup) lama-lama juga udah terbiasa, ga malu lagi

      Hapus

Itu ceritaku apa komentarmu ? Berbagilah komentar jangan sungkan.

Menerima kritik dan saran yang bersifat membangun (bukan membangunkan emosi negatif).

Pasukan


@bilasahil


Follow Me


bilasahil 2010-2018. Diberdayakan oleh Blogger.